Header Ads

Breaking News
recent

Cara Ping Terus Menerus Ke Google Lewat CMD

Pada kesempatan kali ini saya akan share tutorial cara ping google lewat cmd? nah tahukah kamu apa yang dimaksud dengan ping. Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai postingan kali ini, saya akan sedikit mengulas terlebih dahulu mengenai apa yang dimaksud dengan ping. Ping sendiri kependekan dari  Packet Internet Gopher yang berfungsi untuk mengetes koneksi internet apakah bisa terhubung atau tidak. Tentunya untuk dapat melakukan ping, setiap sistem operasi berbeda-beda cara penggunannya dan berbeda pula tools yang dipakai. Misalnya untuk sistem operasi windows, untuk melakukan ping maka kita bisa menggunakan software seperti cmd (Command Prompt). Sedangkan di linux menggunakan software yang berbeda yaitu menggunakan terminal. Kedua software tersebut memiliki peran yang hampir sama, dan yang memiliki perbedaan yang paling jauh diantara keduanya adalah perintahnya. Misalnya seperti cara shutdown komputer lewat CMD  menggunakan perintah shutdown /s sedangkan di linux bisa menggunakan perintah halt.

Bagaimana cara ping ke komputer lain? sebelum sobat melakukan ping ke komputer lain dalam satu jaringan. Pastikan mengetahui IP address komputer yang sobat ingin ping. Bagi yang belum mengetahui cara cek IP address bagaimana, silahkan baca artikel sebelumnya : cara mengetahui ip address komputer. Setelah mengetahui ip addressnya baru sobat bisa melakukan ping lewat cmd dengan mengetikan perintah ping ip address komputer. Contoh : ping 192.168.102.82(misalnya ip komputer orang lain). Nah, sementara untuk ping ke komputer server caranya juga tidak jauh berbeda.

cara ping terus menerus di cmd
untuk dapat ping terus menerus caranya tidak jauh berbeda dengan langkah tadi, hanya saja kita tambahkan perintah -t dibelakang ip tersebut dan tekan enter. Contoh : ping 192.168.102.82 -t. Dengan ping terus menerus ini, dapat kita gunakan untuk mengatasi koneksi yang bengong bahkan terputus. Agar sobat mengetahui lebih jelas lagi silahkan ikuti tutorialnya yang disertai gambar berikut ini.

Cara Ping Terus Menerus Ke Google Lewat CMD
  • klik start >> All Programs >> Accessories >> Command Prompt atau klik start dan ketikan cmd dalam kotak pencarian lalu tekan enter.
  • Setelah terbuka ketikan perintah ping google.com -t dan tekan enter
  • Maka secara otomatis proses ping akan berjalan terus menerus, jika ingin menghentikan ping tersebut sobat bisa menekan ctrl + c pada keyboad.
Informasi tambahan : jika hasilnya Request Time Out berarti komputer yang sobat ping tidak merespon permintaan koneksi. Sebalinya jika menampilkan tulisan reply berarti dapat meminta respon dari komputer yang di ping. Itulah pembahasan mengenai cara ping terus menerus ke google lewat cmd, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.