Header Ads

Breaking News
recent

Cara Mudah Mengatasi Wifi Laptop yang Tidak Bisa Konek

Apa penyebab wifi tidak bisa konek dan bagaimana cara mengatasi wifi laptop yang tidak bisa konek? Saat menghubungkan komputer kita ke wifi terkadang ada masalah yang terjadi. Masalah masalah tersebut juga pernah saya alami sebelumnya, saat mengkoneskikan internet dari wifi yang ada di sekolah terjadi masalah tidak bisa konek. Dengan tidak bisanya terhubung ke internet, maka secara otomatis kita tidak bisa melakukan aktivitas browsing atau internetan. Selain itu, ada juga masalah yang lain seperti yang sudah konek ke hotspot tapi tidak bisa akses internet. Untuk masalah yang kedua ini bisa diatasi dengan mudah dengan cara merubah settingan di control panel atau mengecek driver laptop apakah sudah terinstall atau belum, jika belum terinstall saran saya install terlebih dahulu drivernya (nanti akan saya bahas lebih lanjut).

Selain itu, ada beberapa masalah yang mengakibatkan sobat tidak bisa konek atau terhubung ke internet, diantarannya :  Tidak mendapatkan IP Address komputer secara otomatis, sudah mengatur atau memberikan IP address secara manual, namun tetap saja masih tidak terhubung ke internet atau masih eror dan tentunya masih banyak lagi masalah lainnya  yang kemungkinan bisa terjadi saat menghubungkan komputer. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Kita dapat memperbaiki lewat settingan laptop. Setiap versi sistem operasi komputer yang berbeda, maka akan berbeda pula langkah-langkah perbaikannya, seperti windows 7 dan windows 8. Selain menggunakan cara tersebut, kita juga bisa menginstall software atau aplikasi tambahan ke komputer kita yang bernama Winsock. Aplikasi ini dapat memperbaiki banyak masalah yang terjadi dengan cepat dan mudah. Jika sobat mau apilkai ini silahkan cari di google, pasti banyak yang nge-share. Namun jika sobat lebih menginginkan cara yang lebih praktis silahkan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Mengatasi Wifi Laptop yang Tidak Bisa Konek

  • Langkah pertama klik start >> pilih control panel >> dan klik pada Network and Sharing Center
  • Cara Mengatasi Wifi Laptop yang Tidak Bisa Konek
  • Klik change adapter setting di sebelah kanan.
  • Klik kanan pada bagian Wireless Connection dan pilih Properties.
  • Pilih pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan pilih Properties atau dengan mengeklik dua kali.
  • Cara Mengatasi Wifi Laptop yang Tidak Bisa Konek
  • Selanjutnya sobat pilih opsi Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically (Lihat gambar berikut)
  • Pilih Ok dan coba koneksikan ke wifi.
 Jika cara di atas masih belum berhasil, mungkin di laptop sobat belum terinstall driver. Untuk mengetahui apakah sudah terintall atau belum, bagi yang belum tahu caranya bisa disimak langkah-langkah berikut ini.
  • Klik start
  • Ketikan Device Manager pada kotak pencarian dan tekan enter
  • Jika tidak ada tanda seru pada network adapter berarti laptop sudah terinstall dirver.
  • Begitupun sebaliknya jika terdapat tanda seru, sobat harus install driver terlebih dahulu untuk agar komputer dapat menerima koneksi dari wifi. Berikut contoh screenshoot driver yang sudah terinstall.
  • Cara Mengatasi Wifi Laptop yang Tidak Bisa Konek
Mungkin haya itu toturial yang bisa saya informasikan kali ini. Semoga postingan ini dapat membantu sobat yang komputernya tidak bisa konek wifi. Oh iya, sebenaranya tutorial ini saya dapatkan dari pengalaman saya yang dulu pernah menggunakan wifi gratis di sekolah dan setelah coba mengkoneksikan komputer tidak dapat terhubung ke internet, ternyata saya lupa merubah settingan pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) yang sebelumna saya gunakan untuk praktek membuat jaringan lan. Jadi apabila sobat mengalami sama dengan apa yang saya alami, kemungkinan besar tutorial ini akan berhasil.

Silahkan sobat praktekan sendiri, jika ada yang ingin ditanyakan dapat melalui komentar yang tersedia. Itulah ulasan mengenai cara mengatasi wifi laptop yang tidak bisa konek. Jika sobat telah berhasil mengkoneksikan ke internet mungkin sobat juga ingin mencoba situs untuk mengukur kecepatan akses internet.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.