Header Ads

Breaking News
recent

2 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Windows

Kali ini komputermesh akan mencoba membahas Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Windows 7 / 8 / 10.  Waktu itu saya pernah menghapus sebuah file yang saya anggap tidak dibutuhkan pada saat itu, tapi setelah beberapa hari file tersebut gak tahunya dibutuhkan kembali. Akhirnya file yang sudah hilang permanen karena di recycle bin juga sudah saya bersihkan semuanya jadi saya tidak yakin file yang sudah dihapus dari Recycle Bin bisa dikembalikan lagi. Tapi setelah mencari bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di laptop akhirnya file yang sudah saya hapus dapat dikembalikan ke tempat semula tanpa terjadi corrupt pada file tersebut.Nah, bagi sobat yang mengalami masalah seperti ini maka tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang bisa kita gunakan.

1. Cara mengembalikan file yang terhapus dengan recuva
Cara pertama yang bisa kita gunakan adalah menggunakan tambahan software Recuva Wizard.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Windows
Software ini sudah saya install di versi windows 7 dan windows 10 dan bisa dijalankan dengan normal, sedangkan windows 8 sudah pasti juga support bila diinstall software yang satu ini. Software ini fungsinya adalah mengembalikan file yang sudah terhapus permanen, semua file dapat dikembalikan diantaranya : gambar, video, musik, dokumen dan masih banyak lagi. Oke langsung saja.
  • Silahkan sobat download software recuvanya gratis di filehippo.com/download_recuva/ atau klik di sini. Setelah itu, install softwarenya.
  • Setelah terinstall, kemudian sobat buka. 
  • Pertama kali sobat akan dihadapkan dengan dialog welcome to the recuva wizard, klik saja next.
  • Nah, di sini sobat tentukan jenis file (file type) yang ingin dikembalikan. (Misalnya : ingin mengembalikan gambar, maka pilih picture) lalu klik next.
  • Jika, sobat mengetahui dimana drive tersimpannya file yang sebelumnya terhapus maka sebaiknya klik pada In a specific location supaya proses pencarian lebih cepat. Jika tidak tahu/lupa di mana tersimpannya file yang sebelumnya terhapus. pilih saja I'm Not Sure lalu klik next.
  • Kasih centang pada Enable Deep Scan, supaya scanningnya akurat/filenya bisa ditemukan dan bisa dikembalikan. Jika sobat tidak memberi centang biasanya file yang dicari tidak ditemukan.
  • Tunggulah hingga proses scanning selesai. Pada langkah ini sobat harus bersabar menunggu. Lamanya scanning tergantung dengan ukuran, jenis, dan banyaknya file yang kita cari.
  • Langkah terakhir pilih file >> klik recover >> pilih tempat di mana file tersebut akan di kembalikan.
  • Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Windows
Nah bagi anda yang masih belum jelas dengan penjelasan di atas, tidak perlu khawatir karena ada juga versi video jadi silahkan saja anda ikuti langkah-langkah seperti di video berikut ini.

2. Cara kedua yaitu Mengembalikan File yang Terhapus tanpa software.
  • Pertama, klik /pilih pada folder tempat tersimpannya file yang dihapus sebelumnya.
  • Kemudian, Klik kanan foldernya lalu klik Restore previous.
  • Pilih tanggal yang di mana pada tanggal tersebut file masih ada / belum terhapus.
  • Setelah itu klik restore, kemudian akan muncul dialog "previous versions" klik restore.
  • Jika muncul pesan "The folder has been succefully restored to the previous versions" berarti file sudah di kembalikan. Silahkan cek folder dan file sobat sudah kembali.
Demikianlah ulasan tentang Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop. Semoga ulasan ini dapat membantu dan bermanfaat untuk sobat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.