Header Ads

Breaking News
recent

Cara Membuat Survey Online Gratis di Surveymonkey

Assalamualaikum sahabat semua. Tutorial kali ini saya akan menyajikan bagaimana cara membuat survey online gratis di surveymonkey. Saat ini tersedia layanan sebuah website yang bisa kita gunakan untuk membuat survey online. Selain menggunakan surveymonkey kita bisa juga menggunakan situs yang cukup terkenal dan sering digunakan yaitu google form. Selain dua situs tersebut tentunya masih banyak situs yang lain yang bertebaran di internet. Tapi kebanyakan orang memilih keduanya dikarenakan penggunaanya mudah dan gratis. Nah, postingan ini saya akan membahas mengenai membuat survey di  surveymonkey. Disana disediakan tools yang lengkap, kita bisa menambahkan gambar, membuat link dan sebagainya. Sebelum sobat menggunakan situs tersebut maka harus daftar terlebih dahulu. Ada dua pilihan, daftar pro dan daftar free. Kalau yang pro pastinya fitur yang disediakan lebih lengkap dan lebih bagus dibandingkan dengan free. Tapi tenang saja sob, untuk yang free juga tidak kalah bagusnya soalnya saya pernah buat sebelumnya dan yang pahasilnya tidak mengecewakan.

 Seperti biasa sebelum membuat akun siapkan email terlebih dahulu atau bisa juga menggunakan cara yang lebih mudah dan cepat yaitu menggunakan akun facebook dan akun google. Untuk yang menggunakan email, sobat harus mengisi form pendaftaran terlebih dahulu sperti username, password dan sebagainya. Berbeda jika kita menggunakan akun facebook atau gmail yang hanya beberapa langkah kita bisa mendapatkan akun di situs tersebut. Agar prakteknya bisa lebih mudah saya akan memilih yang menggunakan akun facebook atau gmail. Pastinya sobat memiliki salah satu akun tersebut dan silahkan sobat pilih mana yang ingin digunakan dan loginlah menggunakan akun tadi. Jika sudah login silahkan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Membuat Survey Online Gratis di Surveymonkey

1. Pertama-tama silahkan kunjungi situs www.surveymonkey.com
2. Setelah terbuka selanjutnya, sobat klik Sign Up Free
    Cara Membuat Survey Online Gratis di Surveymonkey
3. Kemudian sobat bisa mengisi form yang ada, atau bisa juga menggunakan akun facebook atau gmail untuk mendaftar. Silahkan klik salah satu akun yang dipilih, Akan muncul pop-baru dan kemudian sobat klik saja oke.
    Cara Membuat Survey Online Gratis di Surveymonkey
4. Setelah mendaftar dan memiliki akun, selanjutnya klik pada tombol create survey.
Cara Membuat Survey Online Gratis di Surveymonkey

 5.Masukan judul survey dan pilih kategori sesuai dengan keinginan. Jika sudah klik tombol let's go.
Cara Membuat Survey Online Gratis di Surveymonkey
    6. Disini saya akan kasih contoh yaitu menggunakan fitur Multiple Choice. Kurang lebih seperti ini cara pengisiannya.
      Cara Membuat Survey Online Gratis di Surveymonkey
    7. Jika sudah selanjutnya sobat simpan dengan mengeklik tombol save. Untuk melihat hasilnya klik tombol preview & test. Jika telah selesai membuatnya dan ingin dipublikasikan klik saja tombol next. Kemudian sobat akan mendapat link survey.
      8. Jika link tersebut kita buka dibrowser maka hasilnya kurang lebih seperti gambar di bawah ini atau bisa lihat demonya secara langsung.

      Mungin hanya itu tutorial yang bisa saya bahas kali ini, cara yang saya buat diatas sangat sederhana. Silahkan sobat bisa buat yang lebih lengkap lagi dengan menggunakan fitur yang tersedia. Demikianlah postingan cara membuat survey online, semoga bermanfaat dan menambah wawasan saudara.

      Tidak ada komentar:

      Diberdayakan oleh Blogger.