Header Ads

Breaking News
recent

Tips Mudah Format Flashdisk Lewat CMD (Command Prompt)

KOMPUTERMESH - Apakah sobat ingin tahu bagaimana cara format flashdisk lewat cmd (command prompt)?  Jika iya silahkan simak lebih lanjut postingan kali ini. Ada beberapa cara memformat flashdisk, cara pertama (yang paling mudah)  yaitu melalui windows explorer >> klik kanan pada drive flashdisk >> format >> dan klik start maka data yang ada di flashdisk akan hilang semua (namanya juga diformat).  Flashdisk atau biasa disebut dengan FDD merupakan tempat penyimpananan file atau data dan memiliki kapasitas yang sangat besar. Dulunya untuk menyimpan data masih menggunakan yang namanya disket. Disket ini memiliki kapasitas yang sangat kecil, karena kapasitanya tersebut biasanya hanya digunakan untuk menyimpan gambar saja.

Cara yang kedua untuk memformat flashdisk, mungkin belum banyak diketahui oleh orang  yaitu menggunakan  CMD (Command Prompt). Kita tidak hanya dapat memformat file saja, akan tetapi bisa juga kita gunakan untuk mengembalikan data/file yang hilang di flashdisk. Itulah salah satu keunggulan CMD. Dengan menggunakan CMD kita tahu proses komputer melakukan format. Jadi cara yang pertama (cara yang paling mudah) sebenarnya prosesnya seperti cara yang kedua tapi kita tidak dapat melihatnya.  Selain itu, tentunya masih banyak yang bisa kita gunakan menggunakan CMD diantarannya : memformat flashdisk, merubah nama direktori, memindah file dari satu tempat ke tempat lain dan masih banyak lagi kegunaan dari CMD. Nah, langsung saja sobat simak langkah-langkah format flashdisk melalui CMD berikut ini.

  • Pertama, buka cmd dengan cara klik start (atau tekan tombol windows pada keyboard) >> Ketikan cmd di kotak pencarian windows dan tekan enter.
Tips Mudah Format Flashdisk Lewat CMD (Command Prompt)
  • Setelah terbuka kita cari volume flashdisk kita dengan cara ketik dispart dan tekan enter. Selanjutnya akan muncul tab cmd baru dan sobat ketikan list volume. Maka hasilnya seperti gambar berikut ini, jika masih belum muncul list seperti gambar dibawah ini ketikan list volume sekali lagi dan tekan enter.
Tips Mudah Format Flashdisk Lewat CMD (Command Prompt)
  • Selanjutnya cari dimana volume flashdisk sobat. Untuk mencarinya pastikan label dan juga sobat bisa lihat nama flashdisk sobat, selanjutnya lihat pada volume-nya.  (Punya saya : Nama flashdisknya “Nama FDD”, dan volume 6).
Tips Mudah Format Flashdisk Lewat CMD (Command Prompt)
  • Setelah kita mengetahui volume-nya langkah berikutnya, ketikan select volume dan angka volume flashdisk tadi dan jika sudah tekan enter.
Tips Mudah Format Flashdisk Lewat CMD (Command Prompt)

Ketikan berikut ini dan setiap paragraph yang telah sobat ketik tekan enter.
  • clean
  • create
  • create partition primary
  • select partition
  • active
  • format fs=ntfs (tunggu hingga 100%)
  • assign
Demikianlah tutorial yang bisa saya bahas kali ini yaitu mengenai Tips Mudah Format Flashdisk Lewat CMD (Command Prompt) , semoga bermanfaat. Jika sobat masing bingung dan ingin bertanya, silahkan melalui komentar yang tersedia di blog ini. Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.