Header Ads

Breaking News
recent

Cara Shutdown, Restart, Log Off dan Hibernate Komputer dengan CMD

Kali ini saya akan membahas mengenai cara shutdown, restart, log off dan hibernate komputer dengan cmd. Lewat cmd kita tidak hanya bisa mematikan komputer tetapi juga bisa yang lainnya. Bahkan menggunakan cmd kita juga dapat memunculkan folder yangdisembunyikan oleh virus. Mungkin sobat sudah tahu cara mematikan komputer dengan mudah tanpa menggunakan cmd yaitu dengan klik start dan pilih shutdown. Namun apakah sobat pernah coba menggunakan cmd. Saya sendiri juga baru tahu komputer bisa dimatikan dengan cmd melalui sistem operasi windows. Sebelumnya saya pernah menggunakan linux dan untuk mematikannya melalui terminal, terminal ini fungsinya hampir sama dengan cmd. Di linux sendiri cukup mudah, dengan mengetikan shutdown -h now atau halt di terminal kita sudah bisa mematikan komputer dengan sistem operasi linux. Bahkan menggunakan linux kita juga bisa mematikan komputer teman yang sistem operasinya sama asal terhubung dengan jaringan. Tidak hanya mematikan komputer, tapi yang lebih kerennya lagi kita bisa juga mengganti nama login dan passwordnya. Itulah keunggulan linux dibandingkan dengan sistem operasi yang lain.

Cara Shutdown, Restart, Log Off dan Hibernate Komputer dengan CMD
Nah, bagi sobat yang juga mencari informasi yang lain seputar cara mematikan komputer teman menggunakan cmd sepertinya tutorialnya tidak bisa jalan. Saya sendiri belum tahu dan memang belum pernah coba sih, tapi setelah baca-baca di salah satu blog yang menyajikan informasi tersebut banyak yang berkomentar dan isi komentarnya ada yang kecewa karena tutorialnya tidak jalan. Berbeda dengan informasi mematikan komputer teman lewat terminal. Nah, itu baru bisa dicoba, soalnya saya sudah pernah mencobanya dan 100% work. Oke langsung saja berikut pembahasan Cara Shutdown, Restart, Log Off dan Hibernate Komputer dengan CMD.
  • Klik start >> all program >> accessories >> Command Prompt.
  • Setelah cmd terbuka selanjutnya silahkan sobat pilih salah satu, dan ketikan perintah berikut.
shutdown /s : untuk mematikan komputer.
shutdown /r : untuk merestart komputer
shutdown /l : untuk log off komputer
shutdown /h : untuk hibernate komputer
  • Tekan enter dan tunggu beberapa detik hingga proses berjalan.
Informasi tambahan : disini saya menggunakan windows 7, mungkin bisa juga dipraktekan di windows diatasnya windows 8-10. Jika sobat menggunakan windows versi terbaru, dan telah mempraktekan tutorial ini dan jalan silahkan berkomentar di blog ini. Sekian dulu postingan kali ini, mungkin sobat juga ingin baca artikel cara format flashdisk lewat CMD. Oh, iya jika masih bingung dengan tutorial kali ini atau ada pertanyaan yang lain dapat melalui komentar yang tersedia dibawah postingan ini.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.