Header Ads

Breaking News
recent

Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop / Komputer Secara Detail

Bagaimana cara mengetahui spesifikasi laptop / komputer secara detail? tentunya ada beberapa cara yang bisa kita gunakan, yang pertama melalui hardware dan yang kedua melalui software. Melalui hardware sendiri sedikit agak ribet dan tidak mungkin menggunakan cara ini, masa hanya ingin mengetahui spek saja sampai bongkar komputer atau bisa juga sih melihat stiker yang ada pada komputer sobat. Nah, yang kedua ini baru mudah dan hasilnya kemungkinan sesuai dengan aslinya yaitu melalui software. Windows 7 sendiri memiliki fitur yang bisa kita gunakan untuk mengetahui spek pada komputer kita. Oh iya, tutorial yang akan saya berikan kali ini bisa dipraktekin pada semua jenis laptop seperti acer, lenovo, asus dan sebagainya namun yang paling penting sistem operasi yang digunakan windows7 untuk OS yang lain tutorialnya menyusul.

Apa tujuan mengetahui spesifikasi komputer? tergantung pada kegunaan masing-masing. Saran saya sebelum membeli komputer pikirkan terlebih  dahulu komputer tersbut mau digunakan untuk apa, apakah hanya untuk mengerjakan tugas, bermain game, membuat animasi dan sebagainnya. Kalau hanya untuk mengerjakan tugas biasanya saya memilih komputer yang murah dengan spesifikasi yang standar misalnya memory 1-2 GB dan tidak perlu menggunakan processor core i, komputer kita akan lancara karena aktivitas yang ringan. Berbeda dengan tujuan komputer untuk bermain game dan membuat animasi. Untuk bisa menjalankan program yang berat seperti tadi tentunya spek komputer juga harus tinggi jika mau komputer tersebut berjalan normal.  Tujuan kita mengetahui spesifikasi komputer, salah satunya kita akan mengetahui spek yang sebenarnya, misalnya saat ini banyak pedagan yang tidak jujur di stiker komputer speknya tinggi padahal kenyataanya yang dijual malah sebaliknya. Dengan cara ini kita jadi tahu  spesifikasi komputer yang sebenarnya. Langsung saja, untuk mengetahui langkah-langkahnya silahkan simak Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop / Komputer Secara Detail berikut ini.
  •  Langkah pertama klik start (atau tekan tombol windows pada keyboard)
 Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop / Komputer Secara Detail
  • Selanjutnya, klik kanan pada computer dan pilih properties. Sampai disini sobat sudah bisa mengetahui spek yang dimiliki komputer sendiri. Misalnya seperti besarnya RAM, jenis dan kecepatan processor semua info spesifikasinya sudah bisa kita lihat.
 Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop / Komputer Secara Detail
    Informasi tambahan : selain cara diatas ada juga cara yang lain, salah satunya menggunakan dxdiag. Untuk membuka program tersebut klik start >> ketikan dxdiag pada pencarian dan tekan tombol enter. Atau untuk mengetahui spek komputer yang benar-benar detail, silahkan download software CPU-Z. Lewat aplikasi tersebut, kita tidak hanya bisa mengetahi prosesor dan ram yang kita gunakan, akan tetapi ada juga motherboard, graphic dan lain-lain.

    Tidak ada komentar:

    Diberdayakan oleh Blogger.