Header Ads

Breaking News
recent

Cara Mengatasi Black Screen (Layar Hitam) Windows 8 / 10

Cara Mengatasi Black Screen (Layar Hitam) Windows 8 / 10 - Windows 8 dan windows 10 kini menjadi pilihan yang digemari penggunanya dengan tampilan dan fitur yang baru sehingga cukup banyak pengguna komputer yang menjadikannya sebagai sistem operasi komputer mereka. Meskipun ada versi sebelumnya seperti windows xp atau windows 7, akan tetapi banyak pengguna komputer yang penasaran dengan fitur dan tampilan yang dimiliki windows versi di atasnya dan akhirnya menginstallnya di komputer mereka.
Cara Mengatasi Black Screen (Layar Hitam) Windows 8 / 10
Setiap microsoft meluncurkan versi sistem operasi terbaru pasti banyak pengguna komputer yang tidak sabar untuk mendapatkannya. Microsoft selalu merubah tampilan serta menambah fitur setiap meluncurkan sistem operasi terbaru. Mungkin alasan tersebutlah kenapa versi terbaru dari sistem operasi yang diciptakan selalu dinanti-nantikan oleh pengguna komputer di seluruh dunia. 

Meskipun banyak kelebihan sistem operasi yang diciptkan oleh microsoft bukan berarti Sistem Operasi tersebut tanpa memiliki kekurangan, pastinya tidak ada sistem operasi yang sempurna, artinya tetap ada kekurangan-kekurangannya.

Terbukti sampai saat ini banyak pengguna windows yang selalu mengalami masalah pada sistem operasinya. Masalah tersebut bisa saja disebabkan sistem itu sendiri bisa juga disebabkan oleh penggunannya. Misalnya saja seperti Black Screen (Layar Hitam) atau istilah lainnya adalah Black Screen Of Death (BSoD). Lalu bagaimankah Cara Mengatasi Black Screen (Layar Hitam) Windows 8 / 10?

Cara Mengatasi Black Screen (Layar Hitam) Windows 8 / 10 (cara pertama)
Biasanya Blackscreen ini terjadi setelah anda login windows, nah untuk mengatasinya adalah menggunakan Task manager, caranya tekan tombol CTRL+ALT+DEL pada keyboard secara bersamaan. Setelah terbuka, Klik File >> New >> ketikan explorer.exe >> lalu tekan enter untuk membukanya. Langkah selanjutnya anda bisa menggunakan System Restore pada windows anda.dan Uninstal aplikasi yang kemugkinan menjadi penyebab terjadinya masalah black screen ini seperti   aplikasi StartIsBack dan Lucid Virtu MVP. Jika anda pernah menginstall sebelumnya, coba sekarang anda uninstall kemungkinan windows akan kembali normal.

Cara Mengatasi Black Screen (Layar Hitam) Windows 8 / 10 (cara kedua).
Terjadinya black screen ini bisa saja disebabkan oleh Driver VGA  yang bermasalah. Terkadang sistem operasi dengan Kartu VGA ini tidak terdeteksi dengan baik. Akhirnya mengakibatkan komputer mengalami Black Screen. Nah, untuk mengatasinya anda bisa menggunakan safe mode untuk mendisable driver sementara dan untuk memastikan apakah driver kita benar-benar bermasalah dengan sistem operasiya (tidak support). Bagi yang belum tahu caranya silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Sekarang matikan/shutdown komputer anda.
  • Setelah dimatikan sekarang hidupkan kembali komputer anda lalu tenekan tombol f8 berulang-ulang. Tunggu hingga layar komputer/laptop anda memunculkan tulisan "choose an option"
  • Setelah itu ada 3 pilihan yaitu continue, troubleshoot dan Turn off your PC. Nah, pada langkah ini anda pilih Troubleshoot.
  • Selanjutnya anda pilih Advanced options.
  • pilih Startup Settings. 
  •  Kemudian tekan tombol f4 untuk masuk ke safe mode.
  • Setelah kita masuk ke safe mode, langkah terakhir seperti yang sudah saya jelaskan tadi yaitu kita disable sementara driver vga-nya. Caranya klik start >> ketikan device manager >> lalu tekan enter. Pada Display adapter anda klik icon tanda panah kecil untuk melihat lebih detail.Setelah itu klik kanan pada detail yang muncul lalu pilih disable. Setelah itu restart komputer apakah masih black screen atau tidak. Jika sudah tidak mengalami blackscreen berarti terdapat masalah pada drivernya. Solusinya : anda bisa mendownload driver yang sesuai di internet.
Demikianlah Cara Mengatasi Black Screen (Layar Hitam) Windows 8 / 10. Semoga dapat bermanfaat dan membantu.  Baca juga : Cara Mengatasi Black Screen (Layar Hitam) Windows 7.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.