Header Ads

Breaking News
recent

Cara Merubah (Convert) File PDF ke Excel tanpa software Gratis

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial Cara Merubah File PDF ke Excel tanpa software. Saat ini banyak sekali situs yang menyediakan tool online yang fungsinya sama dengan software yang ada di PC.  Jadi kita tidak perlu download dan install terlebih dahulu program khusus untuk merubah format file sesuai dengan yang kita ingingkan. Bila kita menggunakan program komputer biaanya hanya beberapa kali pakai saja, sedangkan kalau program tersebut tidak ada fungsi lainnya berarti kita harus download dan install lagi begitupun seterusnya.
 Cara Merubah (Convert) File PDF ke Excel tanpa software Gratis
Misalnya program yang tadinya kita install hanya bisa merubah file PDF ke Excel saja berarti kalau mau merubah ke format yang lainnya yang tida tersedia pada program tersebut berarti kan kita harus download aplikasi lagi. Berbeda dengan menggunakan internet atau tools online, di sini kita tidak perlu repot-repot menginstall program dan beberapa situs memiliki fitur yang lengkap, mulai dari merubah JPG ke Excel, PDF to Excel begitupun sebaliknya dan pastinya masih banyak lagi fitur yang tersedia.

Kelebihan menggunakan tools online salah satunya adalah bila di website yang kita gunakan tidak memiliki fitur yang kita inginkan maka kita dapat mencari website yang lainnya lagi dengan fitur yang lebih lengkap. Itulah salah satu kemudahannya, sedangkan kekurangnya kita harus terhubung ke internet jika ingin menggunakanya, namun tidak perlu khawatir kuota sobat akan terkuras dikarenakan tools online ini sangat ringan dan prosesnya cepat. Sengakan jika kita menggunakan sebuah program komputer khusus salah satu kelebihannya adalah kita dapat menggunakan kapanpun dan dimanapun tanpa harus tershubung ke internet. Sedangkan kekurangan menggunakan program akan mengurangi space penyimpanan komputer, sedikit atau tidaknya space berkurang tergantung pada software yang kita inginkan. Selain itu, misalnya : jika program yang telah diinstall sebelumnya sudah tidak terpakai  dan kita selalu menginstall program-program pada saat membutuhkannya saja pastinya program-program yang kita install akan menumpuk dan juga akan berdampak pada kinerja PC, biasanya komputer akan lemot disaat banyak program yang terinstall.

Oh, iya sebelum saya membahas lebih lanjut, persiapkan terlebih dahulu file pdf yang nanti akan dirubah formatnya menjadi excel dan pastikan juga file pdf sobat tidak memiliki password. Untuk mengetahuinya silakan buka file pdf tersebut jika tidak disuruh mengisi password berarti tidak ada proteksinya. Tapi pada saat dibuka muncul sebuah pesan yang menyuruh untuk memasukkan password untuk dapat membacanya berarti file tersebut ada proteksinya, silahkan baca Cara Membuka PDF yang Terkunci Password.

Cara Merubah (Convert) File PDF ke Excel tanpa software Gratis
  1. Jika semuanya telah siap langsung saja buka website converter dari PDF ke Excel berikut : www.smallpdf.com/pdf-to-excel atau klik di sini.
  2. Setelah itu pilih Choose file lalu masukkan file pdf sobat.
  3. Tunggu hingga proses upload selesai.
  4. Langkah terakhir klik download File.
  5. Selesai.
Setelah di download silahkan buka file tersebut bila di komputer sobat terinstall program microsoft office maka akan membuka program excel karena formatnya sudah berubah menjadi .xlsx. Demikinalah tutorial yang bisa saya ulas kali semoga  dapat membantu dan bermanfaat untuk sobat. Bila ada pertanyaan tentang postingan ini, langsung saja melalui kolom komenter yang tersedia di bawah ini. Terima kasih untuk kunjungannya :)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.