Header Ads

Breaking News
recent

Cara Menghapus Windows Old yang Tidak Bisa Dihapus

Ketika mau cek drive system terdapat folder yang bikin saya penasaran, padahal seingat saya sebelumnya folder tersebut tidak ada pada system. Folder tersebuat benama windows.old, dimana folder yang satu ini tidak dapat dihapus dengan mudah seperti halnya folder pada umumnya. Saat mencoba menghapusnya dengan perintah delete pada keyboard maka akan muncul sebuah peringatan yang kurang lebih isinya seperti ini : Folder Access denied - You need permissio to perform this action.  Ada beberapa penyebab munculnya peringatan saat kita mencoba folder tersebut.

Jika Anda telah mengupgrade Windows XP, Windows Vista atau Windows 7 ke versi windows yang lebih tinggi semisal windows 8, kemungkin anda akan menemukan atau memiliki folder Windows.old pada drive sistem Anda. Selain itu ada juga penyebab lain yang dapat memunculkan folder Windows.old  misalanya melakukan refresh pada Windows 8. dan penyebab terakhir, jika anda sering menginstal Windows 8 dan tidak memformat partisi yang telah terinstall windows sebelumnya, juga menjadi penyebab, sistem anda  memiliki folder Windows.old ini.

Tidak hanya pada windows 8 saja yang sering mengalami masalah ini. Akan tetapi pada sistem operasi yang memiliki versi yang lebih tinggi seperti windows 10 atau yang lebih rendah seperti windows 7 terkadang juga sering dijumpai folder windows.old yang sulit dihapus.  Lalu bagaimana cara mengatasinya? Untungnya, windows 8 atau windows 10 telah menyediakan tools yang cukup lengkap. Jadi kita tidak perlu menginstall lagi aplikasi pihak ketiga.  Dengan menggunakan beberapa aplikasi bawaan windows, dijamin cara ini cukup efektif sehingga kemungkinan besar akan dapat menghapus folder windows old di komputer anda. Di sini saya memiliki dua metode yang dapat anda gunakan diantaranya menggunakan sofwate Disk Cleanup dan menggunakan Command prompt (CMD). Seperti yang saya bilang tadi, dikarenakan dua program tersebut sudah tersedia maka kita tidak perlu mendownload dan menginstall terlebih dahulu. Langsung saja, anda ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Menghapus Windows Old Menggunakan Disk Cleanup
  1. Tekan tombol windows 10 +  C pada keyboard untuk membuka bar charm.
  2. Ketikan cleanup pada kotak pencarian lalu pilih setting.
  3. Klik pada Free up disk space by deleting unnecessary files. Selanjutnya anda klik pada Clean up system files.
  4. Cara Menghapus Windows Old yang Tidak Bisa Dihapus
  5. Setelah itu centang pada Previous Windows installations..
  6. Cara Menghapus Windows Old
  7. Langkah terakhir anda Klik OK dan kemudian klik Delete Files. Maka Disk Cleanup akan mulai menghapus instalasi Windows sebelumnya dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  8. Cara Menghapus Windows Old

Cara Menghapus Windows Old Lewat CMD
Cara yang lain Anda dapat menghapus folder windows Old ini dengan menggunakan command prompt. Pertama, Anda perlu membuka command prompt sebagai Administrator dengan cara klik kanan pada windows dan memilih Command Prompt (Admin) dan pilih Yes .
Cara Menghapus Windows Old yang Tidak Bisa Dihapus
  1. Setelah CMD terbuka.
  2. Selanjutnya anda ketikan perintah RD /S /Q %SystemDrive%\windows.old
  3. Tekan enter
Sebelum menggunakan tutorial yang kedua ini, pastikan anda masuk ke folder Windows.old dan menyalin semua file yang ingin anda amankan dari instalasi sebelumnya. Setelah folder dihapus menggunakan cara yang satu ini, Anda tidak akan dapat memulihkan filenya lagi, jadi perlu anda periksa terlebih dahulu folder yang mau dihapus dengan teliti.

 Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menghapus Windows Old yang Tidak Bisa Dihapus. Semoga bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.