Header Ads

Breaking News
recent

2 Cara Mematikan Autorun (Autoplay) Flashdisk Windows 7

Pastinya sudah banyak yang tahu apa yang dimaksud dengan autorun. Namun saya akan sedikit mengulasnya untuk anda. Jadi, Autorun  windows merupakan sebuah pengaturan default yang terdapat pada control panel windows dan akan terbuka   di  saat memasukan sebuah perangkat ke dalam port usb komputer. Misalnya ketika anda memasukkan hardisk, DVD/CD, flashdisk, modem usb dan device yang lainnya. Setelah terdeteksi oleh komputer autorun akan muncul atau terbuka secara otomatis.
 Cara Mematikan Autorun (Autoplay) Flashdisk Windows 7
Menurut informasi yang saya baca sebelumnya, bahwa autorun ini dapat membuat flasdisk akan discan terlebih dahulu oleh antivirus yang ada di komputer secara otomatis. Meskipun autorun mempermudah kita dalam membuka sebuah file semisal gambar atau yang lainnya. Namun dari situlah ada yang perlu anda waspadai  atau ketahui, dengan adanya autorun ini memberikan sebuah celah yang dimanfaatkan virus untuk penyebarannya di komputer. Jika flashdisk anda sudah terlanjur tekena virus maka tidak perlu khawatir karena hal ini sudah biasa terjadi dan juga virus sendiri cukup mudah dalam penanganannya. Selain kita bisa menggunakan antivirus terbaik, kita juga bisa menghilangkan virus dengan cara yang lainnya.


Cara Mematikan Autorun (Autoplay) Flashdisk Windows 7
  1. Pertama-tama anda klik start dan pilih control panel atau dengan menekan tombol windows + R pada keyboard lalu ketikan control panel pada run dan tekan enter.
  2.  Cara Mematikan Autorun (Autoplay) Flashdisk Windows 7
  3. Setelah control panel terbuka akan terlihat sebuah icon yang berukuran besar (large icons) yang berungsi sebagai pengaturan windows. Agar terlihat lebih lengkap anda ubah view by large icons menjadi small icons. Selanjutnya akan ada banyak sekali icon dan karena kita ingin menyetting autoplay pada flashdisk maka kita pilih menu autoplay.
  4.  Cara Mematikan Autorun (Autoplay) Flashdisk Windows 7
  5. Langkah terakhir hilangkan tanda centang pada "use autoplay for all media and devices". Maka secara otomatis saat flashdisk atau semua device yang lainnya saat ditancapkan pada port usb komputer tidak akan menjalankan perintah autorun ini.
  6.  Cara Mematikan Autorun (Autoplay) Flashdisk Windows 7
Selain cara diatas ada juga cara yang lainnya yaitu melalui Registry Editor. Berikut ulasannya :
  1. Tekan windows + R untuk membuka aplikasi run bawaan windows. Setelah run terbuka anda masukkan pada kotak open (pembuka) dengan tulisan regedit lalu tekan enter.
  2. Selanjutnya anda pilih HKEY_CURRENT_USER >> SOFTWARE >> Microsoft >> Windows >> CurrentVersion >> policies >> Explorer >> NoDriveTypeAutorun.
  3. Setelah itu klik kanan pada NoDriveTypeAutorun kemudian anda pilih modify dan isikan value (nilai) 0x4 yang berarti hanya flashdisk saja yang disable atau memasukan 0xff  untuk menonaktfikan autorun seluruh device yang terhubung ke komputer. dan jika semuanya sudah dilakukan selanjutnya anda tekan enter.
Sampai disini saya sudah membahas bagaima menonaktifkan autorun flasdisk di windows 7 dengan dua (2) cara yang saya ketahui. Untuk mengetahui perubahan yang terjadi apakah masih ada autorun atau tidak, silahkan buktikan sendiri dengan mencabut flashdisk atau device yang terhubung dengan komputer, setelah dicabut kemudian masukkan kembali. Jika nantinya tidak ada autorun berarti anda sudah berhasil menghilangkan autorun pada komputer. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan memberikan pencerahan bagi anda.

    Tidak ada komentar:

    Diberdayakan oleh Blogger.