Header Ads

Breaking News
recent

Tutorial Membuat Wifi Hotspot di Windows 10 Lengkap

Kali ini saya akan berbagi tutorial cara membuat wifi hotspot di windows 10. Tapi sebelumnya saya akan sedikit mengulas tentang apa yang dimaksud dengan hotspot. Jadi hotspot merupakan sebuah layanan internet tanpa kabel (nirkabel) yang menggunakan teknologi Wi-Fi (802.11b). Banyak sekali keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh hotspot. Salah satu keunggulan hotspot yaitu memungkinkan akses lebih cepat karena hotspot menggunakan teknologi wifi dan juga backbone Internet. Kecepatan akses hotspot dapat mencapai ukuran Mbps/s dan bahkan kabarnya sudah ada hotspot yang memiliki kecepatan akses dengan ukuran Terabyte/s.

Untuk membuat wifi hotspot sendiri, ada banyak cara yang dapat kita gunakan. Diantarannya kita bisa menggunakan software tambahan, menggunakan fitur ad hoc di windows dan yang paling mudah adalah menggunakan CMD (Command Prompt).

Tutorial Membuat Wifi Hotspot dengan Software
 Nah, jika sobat menggunakan cara yang pertama yaitu menggunakan software bisa mendownload sofware yang memiliki fitur untuk sharing internet di laptop. Jika mau coba, silahkan download software melalui salah satu situs berikut ini :
  • www.mypublicwifi.com
  •  www.connectify.me
Tutorial Membuat Wifi Hotspot Tanpa Software
 Nah, sekarang cara yang kedua yaitu menggunakan fitur ad hoc yang ada di windows. Untuk cara yang kedua ini, karena menggunakan fitur bawaan windows jadi kita tidak perlu menginstall software tambahan.
  • Tekan tombol windows pada keyboard --> lalu ketikan network and sharing center.
  • Setelah itu, pilih set up a new connection or network.
  • Kemudian pilih Set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network lalu klik tombol next 2x.
  • Isikan data hotspot Network name: (isikan nama wifi yang sobat buat), Security type: (pilih jenis password), dan Security key: (masukan password yang diinginkan).
  • Klik next lalu pilih close.
Dan yang yang terkahir adalah yang paling saya rekomendasikan dari beberapa cara diatas, karena metode terakhir ini lebih mudah dipraktekan dan biasanya work. Hampir sama, metode yang terakhir ini tanpa menggunakan software. Langsung saja, simak penjelasannya berikut ini.

Tutorial Membuat Wifi Hotspot di Windows 10 dengan CMD
Pertama-tama tekan windows + R, setelah terbuka ketikan ncpa.cpl lalu tekan enter. Setelah itu akan muncul jendela baru. lalu, pilih koneksi yang sedang aktif/koneksi yang ingin dibagikan, kemudian klik kanan lalu pilih properties. klik pada tab sharing lalu beri centang pada Allow other network users to connect through this computer's. lalu klik ok.
Tutorial Membuat Wifi Hotspot di Windows 10 Lengkap
Setelah langkah pertama selesai selanjutnya dilanjutkan dengan langkah kedua. Seperti yang sudah saya jelas tadi pada langkah ini kita menggunakan cmd untuk membuat wifi hotspot.
1. Buka Command Prompt (CMD) sebagai admin di Windows 10.
2. Kemudian masukan/ketikan perintah di bawah ini ke CMD lalu tekan enter.
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=”KOMPUTERMESH” key=”Pa$$w0rd
3.Sekarang jalankan wifi yang telah kita buat tadi dengan perintah berikut lalu tekan enter.
netsh wlan start hostednetwork
4.Nah, untuk mengeceknya/menampilkan informasi tentang hotspot yang telah kita buat. Silahkan masukan perintah berikut lalu tekan enter.
netsh wlan show hostednetwork
Demikianlah cara Membuat Wifi Hotspot di Windows 10, semoga bermanfaat. Jika sobat mengalami masalah jangan segan untuk bertanya melalui komentar di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.