Header Ads

Breaking News
recent

Cara Masuk Safe Mode pada Windows 7, 8 dan 10

Bagi pengguna komputer yang sudah berpengalaman mungkin tidak asing lagi dengan fitur safe mode.  Hampir semua versi windows memiliki fitur yang satu ini mulai dari windows xp, windows 7, windows 8, dan windows 10. Safe mode sering digunakan untuk mengatasi masalah yang dialami oleh sistem. Dengan fitur safe mode komputer akan berjalan lebih cepat karena komputer hanya dapat menjalankan beberapa program saja yang diperbolehkan oleh sistem, bahkan kita tidak dapat menggunakan internet/jaringan dalam safe mode.
Cara Masuk Safe Mode pada Windows 7, 8 dan 10

Untuk dapat menjalankan sistem operasi dalam bentuk safe mode, setiap versi windows ada yang berbeda-beda / ada juga yang sama persis langkah-langkahnya. Jadi misalnya masuk safe mode di windows 8 maka ada perbedaan untuk masuk ke safe mode di windows xp.  Bila di windows 8 bisa menggunakan bantuan sistem yang saat ini berjalan maka di windows xp harus merestart komputer terlebih dahulu. Nah, untuk mengetahui perbedaan dan penjelasan lebih lengkap langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Cara Masuk Safe Mode pada Windows XP dan Windows 7
  • Pertama-tama restart komputer terlebih dahulu.
  • Setelah itu tekan berulang-ulang pada tombol f8 pada saat booting (komputer kembali menyala) sampai muncul dialog Advanced Boot Options.
  • Setelah itu pilih safe mode maka komputer akan langsung masuk ke safe mode. Nah, jika ingin  keluar dari safe mode cukup direstart saja maka akan kembali ke bentuk semula.
Cara Masuk Safe Mode pada Windows 8 dan Windows 10
  • Tekan tombol windows pada keyboard setelah itu pilih power. Kemudian tekan tombol shift pada keyboard sambil pilih restart.
  • Setelah itu, akan muncul dialog Choose an option. Pilih saja Troubleshoot.
  • Selanjutnya pilih Advanced options.
  • lalu klik  pada Startup settings.
  • Klik restart.
  • Pada dialog Startup Settings, pilih safe mode. sesuaikan dengan nomor pilihannya, misalnya safe mode terletak pada nomor 4, maka untuk memilihnya dengan cara menekan angka 4 pada keyboard.
Seperti yang suadah saya jelaskan sebelumnya, bagi yang belum tahu untuk keluar dari safe mode ini cukup direstart ya. Setelah itu komputer  akan menjalankan sistem operasi dalam bentuk normal. Saya kira pembahasan mengenai Cara Masuk Safe Mode pada Windows 7, 8 dan 10 ini cukup mudah. Tapi bagi agan yang masih bingung jangan segan untuk bertanya melalui komentar di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.