Header Ads

Breaking News
recent

Pengertian Motherboard Dan Tips Memperbaiki Motherboard

Pengertian Motherboard Dan Tips Memperbaiki Motherboard
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pengertian Motherboard  Dan Tips Memperbaiki Motherboard.Setelah pada postingan sebelumnya yaitu  Pengertian Casing Komputer Dan Cara Merawatnya.Langsung saja kita mulai dari pengertian motherboard.Motherboard adalah komponen PC yang berguna untuk meletakan perangkat keras seperti processor dan ram.Motherboard juga menghubungkan komponen intenal maupun eksternal.Apabila anda pernah menjumpai gejala gejala kerusakan pada motherboard,segeralah ambil tindakan perbaikan agar kerusakan tidak menjalar ke komponen lainnya serta aktivitas dengan komputer tidak terganggu
Hal umum yang sering terjadi indikasi yang dialami motherboard dibagi dengan 2 macam jenis,yaitu kerusakan ringan dan kerusakan berat.Kerusakan yang ringan biasanya mudah diatasi dan tidak perlu memerlukan keahlian khusus.Dan sebaliknya jika kerusakan berat,seperti komponen yang pecah atau terbakar,maka harus memiliki  keahlian khusus untuk memperbaiki.Anda harus membawanya ke service center atau membeli motherboard yang baru.

Beberapa Gejala Motherboard dan solusinya.

  • Sistem kehilangan pengaturan
Ketika melakukan booting, kadang-kadang nilai setting BIOS yang telah kita lakukan tidak berfungsi dan sistem selalu menerapkan setting default bawaan pabrik setiap kali kita booting.

Solusi: periksa baterai, apakah masih ada tegangan. Jika masih ada tegangan, periksa koneksi antara baterai dengan motherboard. Jika ada karat dan penumpukan residu kimia, bersihkan dengan cairan pembersih. Jika baterai kehilangan tegangan, gantiah dengan baterai yang baru.
  • Melakukan pengaturan BIOS tetapi tidak muncul perubahan 
Solusi: pada saat anda sudah selesai setting bios dan keluar dari BIOS setup, patikan anda memilih “Save and Exit” untuk menyimpan segala perubahan yang sudah kita lakukan. Jika anda memilih “Exit without saving” akan menyebabkan segala pengaturan dan perubahan yang sudah kita lakukan terhadap BIOS tidak disimpan.
  • Terdapat pin yang bengkok pada motherboard 
Solusi: jika anda menemukan pin yang bengkok pada motherboard,maka luruskan dengan menggunakan alat seperti tang atau alat bantu lainnya dan berhati-hatilah ketika meluruskan kembali pin tersebut kemudian pastikan PC dalam keadaan tidak hidup.
  • Bagaimana cara mendapatkan driver chipset untuk motherboard yang dimiliki
Solusi:Carilah driver di google.com ketikan versi laptop contoh driver motherboard asus x43ue dan tekan enter.Jika telah selesai mendownload selanjutnya install driver tersebut.
  • Perangkat eksternal yang dicolokan ke USB tidak terbaca oleh system.
Solusi:coba cek pada bios dan pastikan semua port yang dibutuhkan tidak dinonaktifkan atau disable.
  • Hungungan/koneksi pada perangkat eksternal tidak stabil
solusi:kemungkinan pada port yang tidak terpasang dengan baik.Cek pada motherboard apakah sudah terpasang dengan baik.Kalau menemui pin dalam port bengkok maka anda harus merapatkan kembali pin tersebut.
  • Pada motherboard tipe ATX tidak dapat di shutdown dan dinyalakan secar otomatis
solusi:Biasanya IC Power mengalami kerusakan.Hal yang harus kita lakukan adalah membawanya ke service center atau membeli motherboard yang baru.
  • Sistem tidak berjalan dengan normal atau tidak stabil dan monitor tidak memunculkan apapun setelah setting pada bios
solusi:Lakukan proses reset nilai pada BIOS dengan mecabut baterai CMOS dan diamkan 5 menit,setelah itu pasang kembali dan nyalakan komputer.

Beberapa hal yang harus diperiksa dan diperhatikan dalam menangani motherboard
  • Pastikan semua peralatan yang terpasang pada motherboard sudah bekerja dengan baik.
  • Pastikan kabel tertata dengan rapi den terhubung dengan baik kesetiap komponen
  • coba lepaskan komponen satu per satu untuk mengetahui kesalahan yang terjadi.
  • Pastikan pengaturan pada bios sudah benar.
  • Perhatikan pesan dan kode POST yang muncul pada monitor.
Demikian Pengertian Motherboard Dan Tips Memperbaiki Motherboard.Sampai disini semoga bermanfaat.dan jika ada pertnyaan dapat melalui komentar dibawah ini.Terima kasih kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.