Header Ads

Breaking News
recent

Perbedaan RAM Dan ROM



Perbedaan RAM Dan ROM

Perbedaan ram dan rom


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai hardware komputer yaitu   Perbedaan ram dan rom .Setelah sebelumnya saya juga membahas  Apa Itu CPU  dan  Pengertian Motherboard . Untuk lebih jelasnya mengenai Perbedaan RAM(Random Access Memory) dan  ROM(Read Only Memory) anda dapat membaca berikut ini:

RAM(Random Access Memory)

Ram adalah bagian process device(pengolah data) yang berfungsi untuk menampung data-data yang akan diolah dan diproses oleh processor.memory dapat di ubah isinya seperti ditambah,diambil,dihapus dan diubah kembali.Proses ini dilakukan secara teracak (Random).Data yang telah tersimpan dalam RAM akan tetap ada selama aliran listrik tidak terputus.ini artinya,jika anda mempunyai data yang penting dan belum disimpan dalam media penyimpanan,kemudian listrik tiba-tiba padam maka semua pekerjaan yang telah anda buat akan hilang.

Ram memiliki bagian-bagian tertentu dalam menangani data,yaitu sebagai berikut:
·         Input storage,digunakan untuk menampung data yang dimasukkan melalui perangkat input device.Program  storage,digunakan untuk menyimpan intruksi-intruksi program yang akan diakses.Working storage,digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dari hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke perangkat output.
Yang dapat kita simpulkan dari uraian diatas,bahwa suatu data yang baru dimasukkan akan ditampung sementara di input storage .jika berbentuk intruksi-intruksi program maka akan dipindahkan Ke program storage.

Jenis-jenis RAM

·         FPM DRAM(Fast Page Mode Random Access Memory)
·         EDO RAM(Extended Date Out Random Access Memory)
·         Bedo RAM(Burst EDO RAM)
·         SD RAM(Synchronous Dynamic Random Access Memory)
·         RD RAM(Rambus Dynamic Random Access Memory )
·         DDR SDRAM (Double Date Rate Synchronous Dynamci RAM)

Read Only Memory (ROM)

ROM merupakan memory yang hanya bisa di baca saja dan tidak dapat diisi ulang,diubah,atau dihapus.Informasi yang tersimpan telah ditanam secara permanen oleh pabrik yang membuatnya dan RAM ini tidak akan hilang walaupun arus listrik mati.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan Perbedaan RAM dan ROM.Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai  hardware komputer ,semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan dan pengetahuan saudara.Terima kasih atas kunjungannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.