Header Ads

Breaking News
recent

5 Jenis-jenis Jaringan Komputer


 Jenis-jenis Jaringan Komputer
pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai jenis jenis jaringan komputer. Mungkin Yang sering dibahas dan sering dipelajari di sekolah ada tiga jenis jaringan,namun jenis jenis jaringan komputer tidak hanya WAN(Wide Area Network),MAN(Metropolitan Area Network),dan juga LAN(Local Area Network).selain jenis jaringan tersebut ada juga jaringan komputer yang lain seperti HAN(Home Area Network) dan PAN(Personal Area Network). jenis jenis jaringan komputer tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.Untuk lebih jelasnya silahkan anda baca berikut ini:

WAN (Wide Area Network)
Merupakan jaringan komunikasi yang mencakup area geografis yang sangat luas,misalnya negara dengan benua.contohnya adalah perusahaan telepon jarak jauh.WAN dapat dikombinasi dari satelit dan perangkat lain sepert kabel serat optic,microwave,dan koneksi kawat tembaga.

MAN (Metropolitan Area Network)
adalah jaringan komunikasi yang dapat mencakup wilayah seperti kota atau daerah.MAN dapat digunakan untuk mem-bypass perusahaan telepon lokal.

LAN (Local Area Network)
Berfungsi untuk menghubungkan komputer dan peranti dalam mencakup geografis yang kecil atau terbatas.Seperti kampus dan kantor.Baca selengkapnya pada pembahasan sebelumnya yaitu:Perangkat keras jaringan komputer lan 

HAN (Home Area Network)
Dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa piranti perangkat digital seperti printer dan alat penyimpanan melaui koneksi kabel atau nirkabel(Tanpa kabel)

PAN(Personal Area Network)
Berbeda dengan HAN,PAN tidak menggunakan nirkabel(Tanpa kabel)sama sekali.PAN dapat digunakan untuk menghungungkan benda-benda elektronik pribadi sepert:ponsel,pemutar MP3,Laptop,dan printer dengan memanfaatkan teknologi nirkabel jarak dekat,semisal Bluetooth,wideband,USB nirkabel.

Demikian 5 Jenis-jenis Jaringan Komputer,semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan saudara.Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam pengetikan dan juga kata-kata yang tidak dimengerti.Terima kasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.